08 September 2009

Penurunan Bendera


Sang Saka Merah Putih, hari Senin (17/8) sore diturunkan dalam upacara di halaman depan Istana Merdeka, dengan Inspektur Upacara Presiden Susilo Bambang Yudhoyono. Bertindak sebagai Komandan Upacara adalah Kolonel Paskhas, Theodorus Seto Purnomo yang saat ini menjabat Danwing II Paskhas. Upacara penurunan bendera yang dimulai pukul 17.25 WIB itu berlangsung khidmad dan lancar, disaksikan oleh para undangan yang terdiri dari para menteri Kabinet Indonesia Bersatu, para Duta Besar negara-negara sahabat, dan pimpinan lembaga tinggi negara serta undangan lainnya.

Presiden SBY didampingi Ibu Negara serta Wapres Jusuf Kalla dan Ibu Mufidah Kalla, tiba di mimbar kehormatan beberapa menit sebelum upacaradimulai. Tim I Putih Paskibraka mulai bergerak dari sisi kanan Istana Merdeka menuju halaman tempat upacara penurunan bendera berlangsung. Bendera Pusaka yang dikibarkan sejak pagi mulai diturunkan secara perlahan diiringi lagu Indonesia Raya.

Anggota Paskibraka yang menurunkan bendera adalah M. Rizki Sanduan dari Maluku dan Ricky Pratama Putra dari DKI Jakarta. Setelah bendera diturunkan dan dilipat, anggota Paskibraka Dita Permatasari siswi SMAN 1 Banjar Baru, Kalimantan Selatan kemudian menyerahkannya kepada Inspekktur Upacara.

Usai upacara penurunan bendera, Presiden SBY dan Ibu Ani Yudhoyono beserta Wapres Jusuf Kalla kemudian meninggalkan mimbar kehormatan. Senin malam (17/8), Presiden SBY menggelar Resepsi Kenegaraaan di halaman belakang Istana Merdeka. Acara resepsi ini masih bagian dari rangkaian peringatan HUT ke 64 kemerdekaan RI.



 

blogger templates | Make Money Online